Uncategorized @id

Home/Uncategorized @id

berita, pengumuman

Penggunaan Aplikasi “Kosipin” Sebagai Langkah Akuntabilitas Pada Koperasi Simpan Pinjam “Gemah Ripah” Desa Busukan, Kelurahan Mojosongo, Surakarta

2019-11-13T08:33:10+00:00

Kegiatan P2M yang dilaksanakan oleh Tim P2M Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS, yang terdiri dari Henny Ekana C, S.Si, M.Pd, Dr Triyanto, M.Si , Dr Farida Nurhasanah M.Pd, Getut Pramesti, S.Si, M.Si, dan Rubono Setyawan S. Si, M.Sc, bertujuan untuk mengembangkan aplikasi manajemen keuangan dengan menggunakan Microsoft Access. Microsoft Access adalah program aplikasi keluaran Microsoft yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola database (basis data) model relasional, karena terdiri dari lajur kolom dan lajur baris (Nana Suarna, 2011). Sifat relasional manajerial dari Microsoft Acces inilah yang tim abdimas gunakan dalam pengembangan program aplikasi pada sistem manajemen administrasi koperasi simpan pinjam, untuk [...]

Penggunaan Aplikasi “Kosipin” Sebagai Langkah Akuntabilitas Pada Koperasi Simpan Pinjam “Gemah Ripah” Desa Busukan, Kelurahan Mojosongo, Surakarta2019-11-13T08:33:10+00:00

Pelatihan Implementasi Assessment For Learning dan Assessment as Learning bagi Guru-Guru Matematika SMP di Kota Surakarta

2019-11-06T10:48:21+00:00

Menurut Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (DPSMP), Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017, terdapat tiga jenis assessment (penilaian, asesmen), yaitu assessment of learning (AoL), assessment for learning (AfL), dan assessment as learning (AaL). Menurut buku tersebut, AoL merupakan penilaian yang dilaksanakan setelah pembelajaran selesai. AfL dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan tujuan utamanya memberikan umpan balik terhadap proses belajar siswa, memantau kemajuan, dan menentukan kemajuan belajar siswa. AaL adalah pemberian penilaian dengan tujuan untuk meningkatkan metakognisi siswa, yaitu kemampuan siswa untuk [...]

Pelatihan Implementasi Assessment For Learning dan Assessment as Learning bagi Guru-Guru Matematika SMP di Kota Surakarta2019-11-06T10:48:21+00:00

Pemanfaatan Hasil Program AKSI For School untuk Meningkatkan Pembelajaran Berorientasi HOTS bagi Guru Matematika SMP Kota Surakarta

2019-09-26T00:48:07+00:00

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNS,  bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Kota Surakarta telah melaksanakan Pemanfaatan Hasil Program AKSI For School Untuk Meningkatkan Pembelajaran Berorientasi HOTS Bagi Guru Matematika SMP Kota Surakarta pada 24, 31 Juli serta 7, 14 Agustus 2019 bertempat di Aula SMPN 26 Surakarta dengan jumlah peserta 35 Peserta. AKSI for school adalah salah satu upaya untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kompetensi siswa. Didesain sebagai penilaian formatif yang ringkas, mencakup topik-topik yang esensial dan fundamental, disajikan dalam bentuk modul komputer sehingga memudahkan replikasi dan dokumentasi data. AKSI for school diharapkan [...]

Pemanfaatan Hasil Program AKSI For School untuk Meningkatkan Pembelajaran Berorientasi HOTS bagi Guru Matematika SMP Kota Surakarta2019-09-26T00:48:07+00:00

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru SD di Colomadu

2018-11-07T09:16:09+00:00

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru  (KKG) SD Kecamatan Colomadu telah melaksanakan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa pada 6-9 Agustus 2018. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan  wawasan, pengetahuan, dan ketrampilan kepada guru-guru sekolah dasar di Colomadu tentang pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis TIK untuk meningkatkan literasi matematika siswa. Keterampilan dalam mengembangkan  media pembelajaran dibutuhkan oleh guru karena dengan pengembangan dan pemilihan media yang tepat maka pembelajaran bisa berlangsung efisien dan efektif. Media pembelajaran berbasis aplikasi komputer memiliki keunggulan dalam hal kepraktisan dan mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Kondisi literasi siswa [...]

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru SD di Colomadu2018-11-07T09:16:09+00:00

Pendidikan Matematika Abad 21, Kuliah Umum oleh Prof. Allan L. White, Ph.D

2019-01-21T09:17:29+00:00

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNS bekerja sama dengan SEAMEO QITEP In Mathematics (SEAQIM) menyelenggarakan kuliah umum dengan mengundang Professor Allan Leslie White sebagai dosen pakar. Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 13 April 2017, bertempat di Aula Pascasarjana UNS. Perserta kuliah umum, yaitu mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Matematika, sangat antusias mengikuti kuliah umum yang menyajikan dua judul. Pada presentasi pertama Prof. Allan menyajikan judul Inner Space Exploration: The Impact of Brain Research upon Mathematics Education for the 21st Century (Eksplorasi Ruang Angkasa Batin : Dampak Penelitian Otak pada Pendidikan Matematika untuk Abad 21) dan presentasi ke-dua berjudul Building A 21st Century [...]

Pendidikan Matematika Abad 21, Kuliah Umum oleh Prof. Allan L. White, Ph.D2019-01-21T09:17:29+00:00
Go to Top