Uncategorized @id

Home/Uncategorized @id

berita, pengumuman

Pelatihan Penggunaan FastStone Capture untuk Mendukung Flipped Classroom bagi Guru Matematika SMP Kota Surakarta

2021-11-05T01:55:34+00:00

Gambar 1. Pelaksanaan Pelatihan FastStone Capture Penetapan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) oleh pemerintah semenjak tahun lalu menyebabkan perubahan yang cukup besar dalam keberjalanan proses belajar mengajar di sekolah. Pada pelaksanaannya, pembelajaran dengan BDR memerlukan kesiapan dari sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Akan tetapi, permasalahan juga terus timbul dengan adanya kebijakan baru tersebut, mengingat tidak semua sekolah memiliki kesiapan dalam melakukan proses belajar mengajar dengan pola pembelajaran jarak jauh. Hal ini juga dialami oleh sekolah-sekolah di Kota Surakarta. Pembelajaran dengan pola BDR memiliki jam tatap muka yang terbatas yang tidak seperti proses pembelajaran regular pada umumnya. Pembelajaran dengan [...]

Pelatihan Penggunaan FastStone Capture untuk Mendukung Flipped Classroom bagi Guru Matematika SMP Kota Surakarta2021-11-05T01:55:34+00:00

Pelatihan Geogebra 2D dan 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Teknologi Informasi Guru Matematika SMP Kota Surakarta

2021-11-04T01:58:00+00:00

Gambar 1. Pembukaan Kegiatan Pelatihan Pada semester gasal 2020/2021, sekolah di Indonesia sebagian besar melakukan pembelajaran dengan mekanisme Belajar Dari Rumah (BDR), yaitu pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan pendekatan daring, luring, atau kombinasi. Mekanisme BDR tersebut memberikan keleluasaan bagi sekolah dalam memanfaatkan ketersediaan sarana prasarana yang tersedia untuk melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian secara optimal. Pelaksanaan BDR melalui pembelajaran jarak jauh pada jenjang SMP akan sangat bervariasi dengan berbagai permasalahan seperti keterbatasan akses, kemampuan ekonomi orang tua, dan lain sebagainya. Kegiatan BDR selama tahun 2020, telah menimbulkan kejenuhan bagi guru, siswa, maupun orang tua. Kegiatan BDR akan optimal apabila ada kolaborasi, [...]

Pelatihan Geogebra 2D dan 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Teknologi Informasi Guru Matematika SMP Kota Surakarta2021-11-04T01:58:00+00:00

Penggunaan Aplikasi “Kosipin” Sebagai Langkah Akuntabilitas Pada Koperasi Simpan Pinjam “Gemah Ripah” Desa Busukan, Kelurahan Mojosongo, Surakarta

2019-11-13T08:33:10+00:00

Kegiatan P2M yang dilaksanakan oleh Tim P2M Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS, yang terdiri dari Henny Ekana C, S.Si, M.Pd, Dr Triyanto, M.Si , Dr Farida Nurhasanah M.Pd, Getut Pramesti, S.Si, M.Si, dan Rubono Setyawan S. Si, M.Sc, bertujuan untuk mengembangkan aplikasi manajemen keuangan dengan menggunakan Microsoft Access. Microsoft Access adalah program aplikasi keluaran Microsoft yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola database (basis data) model relasional, karena terdiri dari lajur kolom dan lajur baris (Nana Suarna, 2011). Sifat relasional manajerial dari Microsoft Acces inilah yang tim abdimas gunakan dalam pengembangan program aplikasi pada sistem manajemen administrasi koperasi simpan pinjam, untuk [...]

Penggunaan Aplikasi “Kosipin” Sebagai Langkah Akuntabilitas Pada Koperasi Simpan Pinjam “Gemah Ripah” Desa Busukan, Kelurahan Mojosongo, Surakarta2019-11-13T08:33:10+00:00

Pelatihan Implementasi Assessment For Learning dan Assessment as Learning bagi Guru-Guru Matematika SMP di Kota Surakarta

2019-11-06T10:48:21+00:00

Menurut Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (DPSMP), Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017, terdapat tiga jenis assessment (penilaian, asesmen), yaitu assessment of learning (AoL), assessment for learning (AfL), dan assessment as learning (AaL). Menurut buku tersebut, AoL merupakan penilaian yang dilaksanakan setelah pembelajaran selesai. AfL dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan tujuan utamanya memberikan umpan balik terhadap proses belajar siswa, memantau kemajuan, dan menentukan kemajuan belajar siswa. AaL adalah pemberian penilaian dengan tujuan untuk meningkatkan metakognisi siswa, yaitu kemampuan siswa untuk [...]

Pelatihan Implementasi Assessment For Learning dan Assessment as Learning bagi Guru-Guru Matematika SMP di Kota Surakarta2019-11-06T10:48:21+00:00

Pemanfaatan Hasil Program AKSI For School untuk Meningkatkan Pembelajaran Berorientasi HOTS bagi Guru Matematika SMP Kota Surakarta

2019-09-26T00:48:07+00:00

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNS,  bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Kota Surakarta telah melaksanakan Pemanfaatan Hasil Program AKSI For School Untuk Meningkatkan Pembelajaran Berorientasi HOTS Bagi Guru Matematika SMP Kota Surakarta pada 24, 31 Juli serta 7, 14 Agustus 2019 bertempat di Aula SMPN 26 Surakarta dengan jumlah peserta 35 Peserta. AKSI for school adalah salah satu upaya untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kompetensi siswa. Didesain sebagai penilaian formatif yang ringkas, mencakup topik-topik yang esensial dan fundamental, disajikan dalam bentuk modul komputer sehingga memudahkan replikasi dan dokumentasi data. AKSI for school diharapkan [...]

Pemanfaatan Hasil Program AKSI For School untuk Meningkatkan Pembelajaran Berorientasi HOTS bagi Guru Matematika SMP Kota Surakarta2019-09-26T00:48:07+00:00
Go to Top