Ketua : Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.

Anggota Pengabdi : Dr. Mardiyana, M.Si., Drs. Ponco Sujatmiko, M.Si., Dyah Ratri Aryuna, S.Pd., M.Si., Muhammad Haikal Pramardika.

Gambar 1. Tim Pengabdian: Pendampingan Penyusunan Desain Permainan dalam Pembelajaran Matematika

Pembelajaran matematika dalam situasi bermain adalah salah satu isu yang menjadi perhatian belakangan ini. Permainan membantu proses belajar siswa dan mendorong partisipasi melalui lingkungan belajar yang interaktif sehingga dapat memberikan dampak positif pada keterlibatan dan hasil belajar siswa. Pengalaman siswa selama bermain meningkatkan keterlibatan, hubungan personal, kenyamanan dan efikasi akademik. Permainan berbasis intervensi matematis dapat menjadi cara untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajarnya dalam membelajarkan bahasan yang sulit seperti pecahan ( Hunt et al 2022 ).

Dengan menggunakan permainan matematika di kelas guru dapat menangani konten matematika, penalaran dan pemecahan masalah serta menyesuaikan permainan untuk memenuhi kebutuhan individu siswa. Tetapi perlu diperhatikan bahwa permainan dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yang efektif ketika tugas-tugas yang terlibat dalam permainan selaras dengan tujuan matematika yang direncanakan dan memberikan semua kesempatan siswa untuk terlibat dalam pemikiran dan penalaran matematika tingkat tinggi ( Buchheister et al.2017 ). Menurut Russo et.al (2018), permainan dalam pembelajaran matematika harus memenuhi lima prinsip berikut : (i) menarik, menyenangkan dan menghasilkan diskusi matematika (ii) menyeimbangkan keterampilan dan keberuntungan (iii) mengekplorasi konsep matematika dan melatih keterampilan matematis harus menjadi pusat dalam strategi permainan (iv) melayani berbagai pembelajar dan dapat dimodifikasi untuk memenuhi berbagai konsep (v) memberikan kesempatan untuk membina koneksi rumah-sekolah

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimaksudkan untuk mendampingi guru membuat desain permainan dan perangkatnya dalam pembelajaran matematika pada bahasan bilangan pecahan melalui tahapan kegiatan berikut :

1. Pendahuluan :

a. Pemaparan materi tentang permainan dalam pembelajaran matematika khususnya pada bahasan bilangan pecahan oleh narasumber

b. Demonstrasi contoh-contoh permainan oleh tim pengabdian kepada masyarakat untuk membantu guru mendapatkan ide untuk mendesain permainan

2. Kegiatan Inti :

a. Penyusunan desain permainan dalam bahasan bilangan pecahan oleh guru-guru berdasarkan kesulitan siswa dalam bahasan bilangan pecahan yang ditemui guru

b. Simulasi permainan yang telah didesain oleh guru

3. Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan oleh guru dan tim pengabdian masyarakat.


Atas terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pendampingan Penyusunan Desain Permainan dalam Pembelajaran Matematika pada Bahasan Bilangan Pecahan di MGMP Matematika SMP/MTs Wilayah Koordinator Jatinom Klaten , tim pengabdian kepada masyarakat grup Riset Analisis Aljabar Program Studi Pendidikan Matematika UNS menyampaikan ucapan terimakasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNS yang telah membantu dalam pendanaan melalui Hibah PKM-HGR UNS dan jajaran pengurus beserta guru-guru anggota MGMP Matematika SMP/MTs Wilayah Koordinator Jatinom Klaten yang telah sangat terbuka dan antusias dalam pelaksanaan kegiatan.

Gambar 2. Proses Pendampingan Penyusunan Desain Permainan dalam Pembelajaran Matematika
By Published On: Oktober 31st, 2023Categories: Uncategorized @idKomentar Dinonaktifkan pada Pendampingan Penyusunan Desain Permainan dalam Pembelajaran Matematika pada Bahasan Bilangan Pecahan di MGMP Matematika SMP/MTs Wilayah Koordinator Jatinom Klaten

Search