Ketua : Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.

Anggota Pengabdi : Dr. Mardiyana, M.Si., Drs. Ponco Sujatmiko, M.Si., Dyah Ratri Aryuna, S.Pd. M.Si, Dr. Rubono Setiawan, M.Sc., Bagus Aqil Saputra, Muhammad Aditya Tri Ariyanto .

Siswa sering mengalami kesulitan dalam mempelajari materi pada topik aljabar. Utami & Prabawanto (2023) mengemukakan bahwa hambatan belajar siswa ditemukan pada konsep tanda sama dengan, pengertian variabel, ekspresi aljabar, operasi dalam aljabar, dan matematisasi. Hal ini dikarenakan sebagian besar siswa masih terbiasa dengan interpretasi operasional dari matematika sekolah dasar mereka, sedangkan aljabar membuat mereka mengembangkan pandangan mereka dari operasional ke relasional. Egodawatte (2009), mengemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam transisi dari aritmatika ke aljabar. Asal-usul kesalahan adalah: asumsi intuitif, kegagalan untuk memahami sintaks aljabar, analogi dengan sistem simbol lain yang sudah dikenal dan interferen dari aritmatika. Ada juga faktor psikologis lain seperti kecerobohan, kecemasan, terlalu percaya diri, dan kurangnya motivasi.

Walaupun tidak menyelesaikan semua masalah dalam pembelajaran, bermain adalah salah satu metode dan teknik yang berguna untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran. Permainan mendorong transfer karena membutuhkan keikutsertaan siswadan keterlibatan aktif dengan materi dalam konteks yang kaya (Cruick dan Telfer, 2001). Hasil penelitian Alafari (2012) menunjukkan bahwa penggunaan permainan berpengaruh positif pada sikap siswa dalam belajar matematika dan persepsi mereka pada beberapa aspek penting dalam lingkungan kelas. Pengalaman siswa selama bermain meningkatkan keterlibatan, hubungan personal, kenyamanan dan efikasi akademik.

Card sorting game adalah permainan kartu dimana pemain diminta untuk mengelompokkan kartu berdasarkan kategorinya kemudian meletakkannya dengan urutan tertentu. Permainan card-sorting yang terkenal adalah Solitaire atau Spider Solitaire yang biasa ditemui di layar komputer. Beberapa penelitian pengembangan Card Sorting Game telah dilakukan di berbagai bidang seperti biologi (Smith et al., 2013),matematika (Oktavia & Agustin, 2020; Sexcio & Dafit, 2022), dan kimia (Antunes et al., 2012). Dalam berbagai penelitian tersebut terbukti bahwa Card Sorting Game dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, mengasah kemampuan berstrategi, dan pengambilan keputusan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan untuk mendampingi guru-guru di MGMP Matematika SMP/MTs Wilayah Koordinator Jatinom Klaten untuk menyusun desain Card Sorting Game, dilaksanakan secara luring dan daring melalui tahapan berikut :

1. Pendahuluan

a. Pemaparan materi tentang pengembangan Card Sorting Game oleh narasumber

b. Demonstrasi contoh Card Sorting Game

2. Kegiatan Inti

a. Pembuatan Card Sorting Game pada topik aljabar oleh guru-guru

b. Simulasi Card Sorting Game yang telah didesain oleh guru

3. Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan oleh guru dan tim pengabdian masyarakat

Kegiatan ini melibatkan Nur Baiti Nasution, S.Pd, M.Si dosen dari Universitas Pekalongan untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam penelitian pengembangan Card Sorting Game. Pelaksanaan kegiatan melibatkan lima dosen sebagai pendamping, guru-guru anggota MGMP Matematika SMP/MTs Wilayah Koordinator Jatinom Klaten sebagai peserta dan dua orang mahasiswa yang membantu pelaksanaan kegiatan pengabdian.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan pembuatan desain Card Sorting Game pada topik aljabar terlaksana secara luring pada tanggal 6 Juli 2024 dan secara daring pada tanggal 10-11 Juli 2024. Guru-guru peserta kegiatan antusias dan terlibat aktif dalam kegiatan. Dari kegiatan ini diperoleh desain Card Sorting Game pada topik aljabar yang dibuat oleh guru-guru peserta kegiatan yang merupakan anggota MGMP Matematika SMP/MTs Wilayah Koordinator Jatinom Klaten.

Atas terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pendampingan Pembuatan Desain Card Sorting Game pada topik aljabar di MGMP Matematika SMP/MTs Wilayah Koordinator Jatinom Klaten , tim pengabdian kepada masyarakat grup Riset Analisis Aljabar Program Studi Pendidikan Matematika UNS menyampaikan ucapan terimakasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNS yang telah membantu dalam pendanaan melalui Hibah PKM-HGR UNS dan jajaran pengurus beserta guru-guru anggota MGMP Matematika SMP/MTs Wilayah Koordinator Jatinom Klaten yang telah sangat terbuka dan antusias dalam pelaksanaan kegiatan.

By Published On: September 11th, 2024Categories: Uncategorized @idKomentar Dinonaktifkan pada PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN CARD SORTING GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA TOPIK ALJABAR DI MGMP MATEMATIKA SMP/MTs WILAYAH KOORDINATOR JATINOM KLATEN

Search