Penelitian & Pengabdian

Home/Penelitian & Pengabdian

Pelatihan Penyusunan Soal AKM Berbasis Etnomatematika Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri

2024-10-25T02:40:36+00:00

Pelatihan penyusunan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berbasis etnomatematika bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu program yang dibuat oleh tim HRG UNS. Kegiatan ini diketuai oleh Ibu Dr.Dra. Yuli Bangun Nursanti., S.Pd., M.Pd. Selain itu, anggota penelitian ini yaitu Dr. Imam Sujadi, M.Si., Riki Andriatna, S.Pd., M.Pd., Ira Kurniawati, S.Si., dan Arum Nur Wulandari, S.Pd., M.Pd.  Pelatihan penyusunan soal AKM berbasis etnomatematika bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan pendekatan yang mengintegrasikan budaya lokal dalam pembelajaran matematika. Melalui kegiatan ini, harapannya guru dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun soal AKM yang relevan dan kontekstual dan mampu [...]

Pelatihan Penyusunan Soal AKM Berbasis Etnomatematika Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri2024-10-25T02:40:36+00:00

Pelatihan Pemanfaatan Laboratorium Virtual Untuk Pembelajaran Matematika Di MGMP Matematika SMP Kota Surakarta

2024-10-25T02:25:47+00:00

Matematika adalah ilmu yang abstrak, dan harus dipelajari siswa semenjak mereka duduk di bangku sekolah dasar. Menurut teori perkembangan kognitif Jean Piaget, belajar erat kaitannya dengan perkembangan anak. Perkembangan kemampuan kognitif anak bukan hanya sekedar perolehan pengetahuan. Penting juga untuk mengembangkan atau meningkatkan kemampuan mental seseorang. Perkembangan kognitif dimulai dari masa kanak-kanak hingga dewasa, mulai dari proses spesifik hingga konsep abstrak dan logis. Siswa SD sampai dengan siswa SMP sebagian besar masih berada dalam taraf berpikir konkrit. Sesuatu hal yang logis, jika anak yang berpikir konkrit merasa kesulitan untuk mempelajari sesuatu yang abstrak. Untuk itu menurut teori belajar dari David Ausubel merupakan suatu [...]

Pelatihan Pemanfaatan Laboratorium Virtual Untuk Pembelajaran Matematika Di MGMP Matematika SMP Kota Surakarta2024-10-25T02:25:47+00:00

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lumi Education

2024-11-06T08:36:02+00:00

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah sangat ditentukan oleh peran serta guru dan siswa. Supaya berhasil, siswa perlu mendapatkan pengalaman belajar yang melibatkan partisipasi aktif mereka termasuk dalam hal penggunaan media belajar. Meskipun saat ini telah tersedia beberapa media belajar, namun seringkali kurang sesuai dengan kondisi atau kebutuhan siswa karena setiap sekolah tentu memiliki lingkungan yang berbeda. Sehingga penting bagi guru-guru untuk memiliki kemampuan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa-siswinya. Prodi Pendidikan Matematika UNS sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia pendidikan di Indonesia, turut serta berkontribusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia. Sebagai salah satu bentuk kontribusinya, Prodi Pendidikan Matematika [...]

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lumi Education2024-11-06T08:36:02+00:00

PENDAMPINGAN GURU DALAM MENYUSUN SENDIRI SOAL MATEMATIKA SEJENIS PISA DI MGMP MATEMATIKA SMP KOTA SURAKARTA

2020-09-30T01:47:37+00:00

Dalam rangka benchmarking pencapaian program pendidikan nasional, Indonesia berpartisipasi dalam berbagai studi internasional, salah satunya adalah PISA (Program for International Student Assessment). Soal PISA yang terkait dengan matematika dikembangkan berdasarkan 4 konten, yaitu Shape and Space, Change and Relationship, Quantity, dan Uncertainty. Konten-konten tersebut sudah termuat dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran matematika yang tersebar mulai dari kelas VII hingga kelas IX SMP, sehingga logikanya siswa di Indonesia yang berusia 15 tahun (duduk di kelas IX SMP) sudah memahami konten tersebut. Namun faktanya hasil PISA untuk Indonesia tahun 2018 yang telah diumumkan OECD menunjukkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan. Pada tahun [...]

PENDAMPINGAN GURU DALAM MENYUSUN SENDIRI SOAL MATEMATIKA SEJENIS PISA DI MGMP MATEMATIKA SMP KOTA SURAKARTA2020-09-30T01:47:37+00:00

Pelatihan Implementasi Assessment For Learning dan Assessment as Learning bagi Guru-Guru Matematika SMP di Kota Surakarta

2019-11-06T10:48:21+00:00

Menurut Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (DPSMP), Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017, terdapat tiga jenis assessment (penilaian, asesmen), yaitu assessment of learning (AoL), assessment for learning (AfL), dan assessment as learning (AaL). Menurut buku tersebut, AoL merupakan penilaian yang dilaksanakan setelah pembelajaran selesai. AfL dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan tujuan utamanya memberikan umpan balik terhadap proses belajar siswa, memantau kemajuan, dan menentukan kemajuan belajar siswa. AaL adalah pemberian penilaian dengan tujuan untuk meningkatkan metakognisi siswa, yaitu kemampuan siswa untuk [...]

Pelatihan Implementasi Assessment For Learning dan Assessment as Learning bagi Guru-Guru Matematika SMP di Kota Surakarta2019-11-06T10:48:21+00:00
Go to Top