Video Pembelajaran Hasil Karya Mahasiswa

Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika FKIP, sesuai dengan visi misi dipersiapakan untuk menjadi “tenaga pendidik matematika bereputasi Internasional serta unggul dalam inovasi pembelajaran”. Dalam rangka itu mahasiswa selain dibekali dengan kompetensi di bidang matematika dan pedagogik, mahasiswa juga dibekali dengan kompetensi yang nantinya menunjang mereka untuk membuat inovasi pembelajaran. Salah satu mata kuliah yang ditawarkan adalah Pembelajaran Matematika dengan Multi Media dimana dalam mata kuliah ini mahasiswa belajar untuk membuat beberapa media pembelajaran matematika yang berupa multimedia.

Multimedia bisa diartikan sebagai sebuah konten, atau sebuah obyek yang memuat dan mengkombinasikan beberapa bentuk, yaitu teks, suara, gambar, animasi, video, dan suatu bentuk interaksi. Menurut Merriam-webster, multimedia bisa diartikan sebagai suatu bentuk penggunaan yang melibatkan beberapa bentuk komunikasi atau ekspresi. 

Dalam kuliah Pembelajaran Matematika dengan Multi Media mahasiswa belajar membuat beberapa produk multimedia yang bisa digunakan dalam pembelajaran matematika. Di antaranya, mahasiswa belajar membuat presentasi dengan animasi, membuat quiz matematika interaktif, e-book, digital dictionary, dan video pembelajaran.

Untuk membuat video pembelajran mahasiswa belajar bagaimana mengambil gambar (video shooting), teknik pemotongan dan penggabungan video, termasuk juga teknik transisi, overlay, dan ChromaKey. Kemudian mahasiswa juga belajar mengolah dan menyisipkan suara (voice) dan soundtrack. Di akhir pembelajaran, mahasiswa wajib mengunggah (upload) video ke Youtube.

Berikut ini beberapa video hasil karya yang telah dihasilkan oleh mahasiswa.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=oAj2PBh_wig[/embedyt]


[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=00iPojBy0i4[/embedyt]

Playlist

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *