SEMINAR NASIONAL : PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERORIENTASI PADA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI

SEMINAR NASIONAL: PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERORIENTASI PADA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI

Di era globalisasi, perkembangan teknologi informasi (TI) begitu pesat, hampir merambah pada smua lapisan masyarakat. Di Negara maju, TI bukan menjadi program kebijakan, tetapi sudah menjadi kelaziman yang harus ada. Walaupun begitu, di Indonesia mulai Nampak terutama dalam dunia pendidikan. Istilah E-ducation, E-Learning, Digital Library bukanlah suatu istilah yang asing bagi dunia pendidikan. Di samping itu, perkembangan dalam pemrograman, missal tersedianya software-software animasi seperti CABRI, Macromedia Flash, POV cukup membantu dalam memuat media pembelajaran yang baik dan menarik. Demikian juga aplikasi CAS (Computer Algebra System) seperti Matlab, Mathematica, dan Maple di samping menyediakan fasilitas numeric, grafik, juga ada animasi. Dengan demikian perkembangan TI cukup menarik bagi dunia pendidikan karena semakin membantu guru, baik dalam menyajikan bahan ajara ataupun dalam mengkomunikasikannya.

Menurut Undang- undang Nomor 74 tahun 2008 pasal 3, ada 4 kompetensi yang harus dimiliki seorang guru yaitu: paedogagi, kepribadian, professional, dan social. Dalam kompetensi professional, guru dituntutka memiliki kemampuan dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan budaya yang diampunya. Guru dalam mengajar dituntut memiliki kemampuan dalam menguasai materi, memilih dan mengembangkan metode yang sesuai serta melakukan evaluasi yang tepat sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih optimal.

Fenomena yang ada, masih banyak guru atau pelaku pendidikan belum begitu familiar dengan perkembangan TI tersebut, sehingga perkembangan TI yang begitu baik belum banyak dimanfaatkan. Berdasarkan kondisi tersebut Program Studi Pendidikan Matematika S1 dan S2 UNS menyelenggarakan seminar nasional “Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Pemanfaatan TI

Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan wawasan guru, dosen, dan pemerhati pendidikan tentang pemanfaatan TI dalam pembelajaran Matematika yang efektif.
  2. Meningkatkan wawasan guru, dosen, orang tua dan pemerhati pendidikan tentang evaluasi pembelajaran yang efektif, inovatif, dan autentik terhadap kondisi siswa.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup seminar ini meliputi:

  1. Pendidikan Matematika
  2. Aljabar, Analisis, Geometri, dan Statistika
  3. Matematika Terapan

Pembicara:

Pada seminar ini akan ada 2 pembicara, yaitu:

  1. Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si (Pakar Pembelajaran Berbasis TI dari Universitas Negeri Malang)
  2. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc (Pakar Evaluasi dan Pembelajaran Matematika dari UNS)

Waktu dan Tempat

Seminar Nasional ini dilaksanakan pada:

hari : Rabu, 5 Mei 2010

waktu : 07.30 WIB – selesai

Tempat : Aula Gedung Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta

Susunan Acara

07.30 – 08.30 : Registrasi

08.30 – 09.00 : Pembukaan

09.00 – 12.00 : Pemakalah Utama

1. Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si

2. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc

12.00 – 13.00 : Ishoma

13.00 – 15.30 : Sidang Pemakalah Pendamping

15.30 – 16.00 : Penutup dan Pembagian Sertifikat

Waktu dan Tempat Pendaftaran

  1. Pendaftaran dapat dilakukan melalui email (pmath.uns@gmail.com), SMS (nomor contact person) atau datang langsung ke sekretariat.
  2. Pendaftaran dibuka tanggal 10 Maret – 3 Mei 2010 (hari Senin – Jumat) pada jam kerja.
  3. Tempat pendaftaran :
    a. Sekretariat Seminar Nasional (Gedung D Lantai 1 FKIP UNS)
    b. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana UNS

Catatan:

Pendaftaran dapat ditutup jika kuota peserta telah terpenuhi.

Makalah Pendamping

Ketentuan makalah pendamping:

  1. Tema makalah sesuai dengan ruang lingkup atau relevan dengan tema seminar.
  2. Ukuran kertas A4, diketik dengan jenis huruf (font) Times New Roman 12, spasi 1.5, dan banyakk halaman 10 – 15 halaman. Aturan penulisan lengkap dapat didownload disini.
  3. Abstrak diterima panitia paling lambat tanggal 20 April 2010.
  4. Softcopy lengkap diterima panitia paling lambat tanggal 25 April 2010. Makalah lengkap yang dikumpulkan tepat waktu dan lolos seleksi akan dimasukkan dalam prosiding.
  5. Abstrak dan makalah lengkap dapat dikirim langsung atau melalui email:
    pmath.uns@gmail.com

Kontribusi dan Fasilitas

Kontribusi

  1. Pemakalah : Rp 200.000,00
    Bila mengirim lebih dari satu makalah, maka menambah kontribusi Rp 100.000,00 tiap makalah.
  2. Peserta
    a. Dosen, Guru, Mahasiswa S2, Mahasiswa S3, dan Umum : Rp 75.000,00
    b. Mahasiswa S1: Rp 50.000,00

Fasilitas Peserta

Sertifikat, Makalah Utama, Snack, Makan Siang, dan Seminar Kit

Contact Person

Dr. Mardiyana, M.Si (081578731438)

Triyanto, S.Si, M.Si (081329536456)

Drs. Bambang S., M.Pd (085293634606)

Dr. Imam Sujadi, M.Si (08121565696)

Sutopo,S.Pd, M.Pd (08122897672)

Dwi Maryono,S.Si (081329064703)

Yemi Kuswardi,S.Si, M.Pd (08170454728)

NB:

Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ke:

Bank BNI Cabang Sebelas Maret

No. Rekening : 0033887572

Atas nama Yemi Kuswardi,S.Si, M.Pd

Unduh Formulir Pendaftaran Semnas



Diselenggarakan oleh:
Prodi Pendidikan Matematika S1 dan S2 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

This entry was posted in Berita and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to SEMINAR NASIONAL : PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERORIENTASI PADA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI

  1. nurul says:

    smoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published.