Pendidikan Matematika Abad 21, Kuliah Umum oleh Prof. Allan L. White, Ph.D

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNS bekerja sama dengan SEAMEO QITEP In Mathematics (SEAQIM) menyelenggarakan kuliah umum dengan mengundang Professor Allan Leslie White sebagai dosen pakar. Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 13 April 2017, bertempat di Aula Pascasarjana UNS.

Perserta kuliah umum, yaitu mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Matematika, sangat antusias mengikuti kuliah umum yang menyajikan dua judul. Pada presentasi pertama Prof. Allan menyajikan judul Inner Space Exploration: The Impact of Brain Research upon Mathematics Education for the 21st Century (Eksplorasi Ruang Angkasa Batin : Dampak Penelitian Otak pada Pendidikan Matematika untuk Abad 21) dan presentasi ke-dua berjudul Building A 21st Century Mathematical Brain (Membina Otak Matematika Abad 21).

Prof. Allan menyampaiakan bahwa kata kunci studi tentang otak adalah brainplasticity atau neuroplasticity, yaitu kemampuan otak untuk berubah atau berkembang. Semakin sering seseorang belajar maka jaringan neuron dalam otak semakin berkembang. Seorang anak tidak dilahirkan dalam keadaan pandai matematika, tetapi memiliki potensi dalam bidang matematika dimana menjadi tugas seorang pendidik untuk mengembangkan potensi tersebut.

Acara berlangsung dengan sangat lancar. Meskipun acara cukup lama tetapi semua peserta tetap semangat untuk memperhatikan, didukung dengan kemampuan presentasi Prof. Allan yang memang sangat baik dan menarik. Bapak Dr. Budi Usodo, M.Pd. selaku Kepala Prodi berharap kegiatan ini ada tindak lanjutnya, tidak hanya berhenti disini saja tetapi beliau berharap kerjasama bisa lebih dtingkatkan lagi. Direncanakan tahun depan akan mngadakan visiting prof dengan tema penggunaan geogebra untuk menerangkan limit.

Prof. Allan berfoto bersama dosen Matematika, diapit oleh Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Dr. Budi Usodo, M.Pd (berbaju batik) dan Wakil Dekan II, Dr. Imam Sujadi, M.Si. (berdasi).

Prof. Allan sedang berdiskusi dengan Dekan FKIP, Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd (memakai kacamata)

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *