Gambar 1. Pembukaan Kegiatan Pelatihan

Pada semester gasal 2020/2021, sekolah di Indonesia sebagian besar melakukan pembelajaran dengan mekanisme Belajar Dari Rumah (BDR), yaitu pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan pendekatan daring, luring, atau kombinasi. Mekanisme BDR tersebut memberikan keleluasaan bagi sekolah dalam memanfaatkan ketersediaan sarana prasarana yang tersedia untuk melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian secara optimal. Pelaksanaan BDR melalui pembelajaran jarak jauh pada jenjang SMP akan sangat bervariasi dengan berbagai permasalahan seperti keterbatasan akses, kemampuan ekonomi orang tua, dan lain sebagainya. Kegiatan BDR selama tahun 2020, telah menimbulkan kejenuhan bagi guru, siswa, maupun orang tua. Kegiatan BDR akan optimal apabila ada kolaborasi, partisipasi, dan komunikasi aktif antara guru, orang tua, dan siswa.  Kolaborasi, partisipasi, dan komunikasi antara guru dan siswa akan sedikit teratasi jika kegiatan BDR dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang menunjang pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi seperti GeoGebra, tanpa menggunakan papan tulis, guru dapat menggambar dan memvisualisasikan objek dengan baik dengan menggunakan aplikasi komputer. Selain itu, guru juga dapat menampilkan hasil gambar/objek secara lebih tepat.

Gambar 2. Peserta Pelatihan Penggunaan Geogebra 2D & 3D dalam Pembelajaran Matematika

Pembelajaran matematika dengan menggunakan media elektronik seperti GeoGebra sangat mendukung pembelajaran baik itu daring, luring, maupun kombinasi. Berdasarkan informasi dari pengurus MGMP Matematika SMP kota Surakarta, sebagian besar guru matematika pada saat ini belum banyak menggunakan program seperti GeoGebra, meskipun program ini mempunyai fasilitas yang mendukung peserta didik ataupun guru dalam mengelola pembelajaran. Melihat potensi kemampuan IT guru matematika SMP di kota Surakarta yang masih dapat ditingkatkan, maka perlu suatu upaya untuk membantu meningkatkan kemampuan IT guru-guru matematika SMP di kota Surakarta agar mampu menyiapkan pembelajaran yang lebih baik disaat proses pembelajaran di sekolah masih menerapkan pembelajaran daring (dalam jaringan).

Berdasarkan pertimbangan dan kesepakatan bersama yang dilakukan oleh RG Pembelajaran Matematika Pendidikan Dasar dan Menengah FKIP UNS dan mitra pengabdian yaitu pengurus MGMP Matematika kota Surakarta, maka perlu dilakukan pelatihan kepada guru-guru matematika anggota MGMP tentang penggunaan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi dan web yaitu GeoGebra yang tidak hanya dapat digunakan pada masa pandemi saja, namun media pembelajaran tersebut dapat digunakan pula ketika proses pembelajaran dilakukan dalam masa normal.

Gambar 3. Peserta Pelatihan Bekerja dalam Kelompok Mendesain Pembelajaran dengan Memanfaatkan Geogebra

Menindaklanjuti hal tersebut Tim Pengabdian kepada Masyarakat melalui Riset Grup Pembelajaran Matematika Pendidikan Dasar dan Menengah, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Sebelas Maret yang terdiri dari Dr. Imam Sujadi, M.Si., , Ira Kurniawati, S.Si., M.Pd., Arum Nur Wulandari, S.Pd., M.Pd., dan Riki Andriatna, S.Pd., M.Pd. bekerja sama dengan Tim MGMP Matematika Kota Surakarta menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Geogebra 2D dan 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Teknologi Informasi Guru Matematika SMP Kota Surakarta.” Kegiatan ini melibatkan 20 guru Matematika SMP yang dilaksanakan dalam 6 tahap, yaitu pada tanggal 14,16,21,23,28, dan 30 September 2021.

Pelaksanan pelatihan kepada guru matematika anggota MGMP Matematika kota Surakarta dalam menggunakan software GeoGebra difokuskan pada pendampingan dalam memanfaatkan software tersebut pada pembelajaran matematika jenjang SMP. Tim pengabdi juga mengambil data tentang kendala-kendala yang dihadapi ketika menerapkan pembelajaran dengan GeoGebra, saat melakukan pembelajaran dengan model BDR. Kedua data ini kemudian dianalisis untuk mengetahui dampak dari pelatihan yang sudah dilakukan. Hasil pelatihan ini diharapkan bisa didesiminasikan oleh peserta kepada rekan sejawat di sekolahnya. Disamping itu hasil pelatihan ini bisa dimanfaatkan mitra yaitu pengurus MGMP untuk didesiminasikan kepada anggota MGMP lain yang belum mengikuti pelatihan.

By Published On: November 4th, 2021Categories: Uncategorized @idKomentar Dinonaktifkan pada Pelatihan Geogebra 2D dan 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Teknologi Informasi Guru Matematika SMP Kota Surakarta

Search