Laboratorium Pendidikan Matematika

Laboratorium Pendidikan Matematika terdiri dari empat unit laboratorium yaitu Laboratorium Komputer, Laboratorium Multimedia, Laboratorium Pengembangan Media/Alat Peraga, dan Laboratorium Micro Teaching. Laboratorium diadakan untuk memfasilitasi mahasiswa dan dosen dalam menyelenggarakan kegiatan praktikum di laboratorium baik untuk kegiatan penelitian ataupun tugas kuliah.

1. Laboratorium Komputer

Deskripsi

Laboratorium Komputer digunakan untuk penyelenggaraan perkuliahan yang memiliki kegiatan praktikum komputer. Selain itu laboratorium komputer juga dapat digunakan untuk mengerjakan tugas perkuliahan atau kegiatan lain seperti P2M atau riset. Laboratorium Komputer menyediakan 35 komputer yang terhubung dengan jaringan internet dan 1 komputer server. Fasilitas lain di laboratorium ini diantaranya meja, kursi dan koneksi internet. Dalam setiap komputer di laboratorium juga dilengkapi dengan software dan aplikasi yang mendukung kegiatan perkuliahan atau penelitian di bidang komputasi.

Alat-alat dan fungsinya

  • Personal Computer, untuk latihan
  • Server Computer, untuk manajemen seluruh komputer dan jaringan
  • Jaringan Internet, menyediakan koneksi internet
  • LCD Proyektor, sebagai media presentasi dan menampilkan materi
  • Papan tulis, untuk membantu dalam presentasi dan menjelaskan materi

Aktivitas di dalam laboratorium

  • Praktik komputasi
  • Research mahasiswa
  • Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT (Multimedia)

Luaran

  • Media pembelajaran berbasis ICT
  • Pemrograman sederhana

2. Laboratorium Multimedia

Lab ini ditujukan untuk memfasilitasi mahasiswa melakukan kegiatan perkuliahan yang berkaitan dengan multimedia, mengerjakan tugas project yang ada kaitannya dengan media interaktif berbasis komputer , pengembangan media untuk riset.

Lab ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu ruangan komputer, ruang diskusi/ruang studio penyimpanan ruang display.

Laboratorium ini memiliki komputer dilengkapi dengan software-software aplikasi yang terkait pengembangan media dan pembelajaran.

Ruang studio merupakan ruang khusus yang didesain dalam pengembangan video pembelajaran.

3. Laboratorium Pengembangan Media/Alat Peraga

Deskripsi

Laboratorium ini ditujukan untuk memfasilitasi mahasiswa melakukan kegiatan perkuliahan Media Pembelajaran Matematika atau pekerjaan lain (riset, pkm) yang ada kaitannya pengembangan dan penggunaan Alat peraga pembelajaran matematika. Beberapa media pembelajaran matematika yang telah dihasilkan siswa dipamerkan di etalase laboratorium berdasarkan jenjang sekolah: SD, SMP, dan SMA, dan ruang lingkupnya: aljabar, geometri. trigonometri, statistika, dan sebagainya. Ruang Laboratorium terbagi menjadi beberapa ruang, yaitu : ruangan bahan, ruang penyimpanan ruang display/diskusi dan ruang bengkel. Ruang bahan menyediakan bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan media oleh mahasiswa seperti karton, akrilik, lem, solatip, dan lainnya. Ruang bengkel berisi alat-alat yang bisa digunakan dalam pembuatan media seperti gerinda, gergaji, bor, dan lainnya. Hasil pembuatan media dari mahasiswa akan dipajang pada ruang display.

Alat-alat dan fungsinya

  • Bor, untuk membuat lubang.
  • Gerinda, untuk memotong atau menghaluskan permukaan bahan
  • Gergaji mesin, untuk memotong.
  • Gunting, untuk memotong.
  • Cutter, untuk memotong.
  • Palu, untuk memukul.
  • Tang besi, untuk penjepit

Aktivitas di dalam laboratorium

  • Praktik pengembangan alat peraga nyata

Luaran

  • Alat peraga nyata

4. Laboratorium Microteaching

Deskripsi

Laboratorium Microteaching digunakan untuk penyelenggaraan perkuliahan di mata kuliah pengajaran mikro yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi mahasiswa Pendidikan Matematika dalam mengelola pembelajaran dan kelas kecil. Selain itu laboratorium Microteaching juga dapat digunakan sebagai tempat membuat video pembelajaran karena di dalamnya sudah dilengkapi fasilitas yang mendukung kegiatan tersebut.

Alat-alat dan fungsinya

  • Televisi, untuk media pendukung pembelajaran dapat digunakan sebagai pengganti fungsi LCD proyektor
  • Kamera CCTV yang terpasang di setiap sudut ruangan, untuk mendukung perekaman praktik pengajaran mikroi
  • Papan tulis, untuk membantu dalam kegiatan praktik pengajaran mikro
  • Ruang pemantau kamera yang terletak di sebelah ruang utama dengan sekat kaca, untuk melakukan pemantauan dan controling kamera ketika pelaksanaan praktik pengajaran mikro yang direkam

Aktivitas di dalam laboratorium

  • Praktik pengajaran mikro
  • Pengembangan media pembelajaran berbasis video pembelajaran

Luaran

  • Video pengajaran mikro
  • Video pembelajaran

5. Ruang Baca

Ruang baca prodi pendidikan matematika terletak di lantai 3 gedung D FKIP UNS. Buku-buku yang tersedia di perpustakaan cukup lengkap dan spesifik tentang matematika dan pendidikan. Dilengkapi dengan koleksi buku pelajaran, jurnal, tesis, tugas akhir, dan majalah. Ruangan ini terbuka untuk dosen dan mahasiswa dari hari Senin sampai Jumat dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Ruang baca dilengkapi dengan beberapa meja dan kursi yang nyaman. Buku-buku dan jurna tertata dengan rapi di rak dan lemari yang ada di ruang baca. Mahasiswa dapat meminjam beberapa koleksi ruang baca hanya dengan menggunakan kartu mahasiswanya, sedangkan dosen dapat menggunakan kartu pegawainya. Untuk lebih banyak koleksi, mahasiswa memiliki akses ke perpustakaan pusat universitas dan perpustakaan umum lainnya di Solo dan sumber perpustakaan digital lainnya.

Media Perencanaan

Media Presentasi

Media Produksi