Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sebelas Maret Surakarta

Program Studi Pendidikan Matematika merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang disusun sesuai dengan deskripsi KKNI Level 6 (Sarjana) untuk aspek sikap dan keterampilan umum, sedangkan capaian pembelajaran lulusan aspek pengetahuan dan keterampilan khusus diperoleh dari rumusan capaian pembelajaran minimal yang ditetapkan dari IndoMS dengan menambah kekhususan pada Program Studi Pendidikan Matematika. Selanjutnya profil dan capaian pembelajaran lulusan disajikan pada tabel dibawah ini:

Pengetahuan dan Keterampilan Khusus

Kode Deskripsi PLO
PLO1 Menguasai konsep keilmuan matematika yang mencakup: aljabar, analisis, geometri, statistika, dan matematika terapan, sebagai bekal menempuh studi lanjut dan melaksanakan pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah.
PLO2 Menguasai prinsip didaktik-pedagogis dan keilmuan matematika untuk   merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian pembelajaran inovatif di pendidikan dasar dan menengah.
PLO3 Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran matematika inovatif pada pendidikan dasar dan menengah berdasarkan prinsip didaktik-pedagogik dan keilmuan matematika.
PLO4 Mampu mengkaji dan menerapkan konsep keilmuan matematika dalam pengembangan ilmu dan pemecahan masalah yang berorientasi pada kecakapan hidup.
PLO5 Mampu menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pemecahan masalah yang terkait  keilmuan dan pembelajaran matematika.
PLO6 Mampu merancang dan melaksanakan penelitian penelitian terkait dengan permasalahan dalam bidang pendidikan matematika serta mempublikasikannya.

Sikap dan Keterampilan Umum

Kode Deskripsi PLO
PLO7 Menampilkan diri sebagai pribadi yang ertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi masyarakat sekitarnya.
PLO8 Mampu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dengan menampilkan pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, dan etos kerja yang tinggi untuk penguatan jiwa kewirausahaan
PLO9 Mampu berkomunikasi verbal dan non verbal secara efektif dalam konteks ragam bahasa dan budaya melalui proses berpikir logis, analitis, sistematis, kristis, dan kreatif.

Keterkaitan PLO Prodi Pendidikan Matematika dengan SSC ASIIN

Knowledge

ASIIN SSC 12

(iM category)

PLO1 PLO2 PLO3 PLO4 PLO5 PLO6 PLO7 PLO8 PLO9
Prossesses profound knowledge of the fundamentals of abstract and applied mathematics              
Possesses further knowledge in didactic principles of mathematics theoretically and practically              
Is able to identify and explain problems in mathematics education area              
Is able to formulate simple mathematical problems              
Is familiar with practical standard software relevant to mathematics and its learning            

Ability

ASIIN SSC 12

(iM category)

PLO1 PLO2 PLO3 PLO4 PLO5 PLO6 PLO7 PLO8 PLO9
Is able to use fundamental mathematical statements to solve simple mathematical problems              
Is able to use didactic principles of mathematics to solve problems in mathematics education area              
Is able to allocate practical problems to a mathematical education area              

Competency

ASIIN SSC 12

(iM category)

PLO1 PLO2 PLO3 PLO4 PLO5 PLO6 PLO7 PLO8 PLO9
Is able to design innovative mathematics learning              
Masters fundamental strategies for transferring methods in selected areas of Mathematics education            
Masters the mathematics education, creation of realistic mathematical problems              
Implement mathematical processes for solving complex problems by applying relevant standard software            
Within the framework of Bachelor activities, works on a simple and clearly defined scientific task and is able to adequately present the results orally and in writing            

Kesesuaian antara PLO dan Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika

Profil Lulusan PLO1 PLO2 PLO3 PLO4 PLO5 PLO6 PLO7 PLO8 PLO9
Pendidik    
Peneliti        
Edupreneur